Objek merupakan suatu kombinasi dari kode
dan data yang dapat diperlakukan sebagai satu kesatuan. Suatu Objek
dapat merupakan bagian dari aplikasi seperti suatu kontrol atau suatu
form. Secara keseluruhan dari aplikasi dapat juga berupa suatu objek.
LABEL
Label lebih sering digunakan untuk menampilkan judul, teks, penjelasan disebelah kotak teks, keterangan dsb.
Untuk menggunakan label ini digunakan kontrol Label (), pada umumnya yang harus diset pada kontrol label hanyalah propertinya saja, seperti ukuran, warna, dsb.
Command Button
Objek
ini hampir selalu hadir pada setiap aplikasi, fungsi dari kontrol ini
biasanya untuk mengeksekusi perintah tertentu. Seperti Tombol OK,
Cancel, Exit, Apply, Open dll. Contoh seperti gambar berikut :
1) Event pada Command
Umumnya event yang sering digunakan adalah event click,
biasanya event ini digunakan untuk menjalankan atau mengeksekusi suatu
perintah tertentu. Seperti membuka jendela baru, keluar dari form,
menerima input dari aplikasi dsb.
2) Metode pada Command Button
Metode yang ada pada command antara lain Move, Refresh, SetFocus dan Zorder (fungsi sama dengan di atas).
Option Button
Yaitu suatu kontrol dimana user dapat memilih salah satu dari banyak pilihan. Pilihan ini sifatnya tunggal.
1) Event pada option Button
Umumnya event yang sering digunakan adalah event Click()
2) Membuat kelompok option Button
Umumnya option yang dijadikan berkelopok dengan menggunakan kontrol “frame”, yaitu kontrol pada VB yang berupa bingkai segi empat berfungsi menjadi bingkai atau tempat kontrol-kontrol yang lain.
CheckBox
Sebuah
kontrol pemilihan yang berfungsi hampir sama dengan option button.
Hanya saja bedanya pada checkbox ini pilihan bisa dipilih lebih dari
satu pilihan.
Properti Checkbox
Propertinya hampir sama dengan yang ada pada option button, namau yang terpenting adalah :
Combo Box
Yaitu kontrol yang sama kegunaanya dengan listbox, perbedaanya adalah user dapat mengisikan nilai baru pada kotak kombo tersebut.
Macam-Macam Combo Box
1. Drop-Down
: yang ditampilkan satu baris saja. Kotak ini akan terbuka jika user
menekan tanda panah pada pojok kanan kotak kombo. Dan user dapat diinput
nilai kedalam kotak kombo tersebut.
2. Simpel Combo : kotak ini mirip seperti daftar list box, user hanya bisa mengetik dibagian atas kotak kombo saja.
3. Drop Down List : ditampilkan satu baris saja, sama seperti Drop-Down, namun kotak tidak bisa diinput
List Box (Kotak Daftar)
Pada kotak daftar ini user hanya bisa memilih pilihan dan tidak bisa mengisikan pilihan kedalam kotak daftar.
Macam-macam List Box
1. Standart List Box
2. Check List Box
Properti yang umum dipakai objek List Box
Event yang umum dipakai objek List Box
Event yang sering digunakan oleh objek listbox ini adalah event Click() atau DblClick()
A. Image
Kontrol ini berfungsi menampilkan file gambar pada aplikasi, seperti untuk tujuan hiasan, logo, perlengkapan data dsb.
Menampilkan gambar dengan Image :
1. tambahkan image dari toolbox
2. temtukan gambar yang akan ditampilkan pada kontrol image, dengan mengatur propeti Pinture.
3. Klik tombol elipsis, yang terdapat disebelah kanan properti tersebut.
4. Kotak pada dialog picture yang muncul, carilah file gambar yang terdapat pada komputer. Atau bukalah folder berukut:
C:\Program Files\Microsoft Visual Studio\Commond\Graphics.
Menampilkan gambar dengan Program:
1. tambahkan image dari toolbox
2. Format Programnya sbb:
namaKontrol.Picture = LoadPicture(“namafile”)
B. Picture Box
Kontrol
ini tidak jauh berbeda dengan kontrol Image, yang berfungsi untuk
menampilkan gambar pada aplikasi. Hanya saja bedanya, lebih banyak
properti dan metode yang bisa diterapkan.
Properti yang umum dipakai objek List Box
Line (Garis)
Biasanya
digunakan untuk membuata garis, agar tampilan aplikasi lebih menarik,
bermacam-macam bentuk garis bisa dibuat begitu juga ketebalan dari garis
tersebut.
Properti yang umum digunakan sbb :
Shape (Bangun)
Selain garis, kita juga bisa menambahkan bangunan-bangunan geometris sederhana, seperti kotak, elips dll.
Secara default bentuk ukuran dari kontrol ini adalah segi empat (o-rectangle) bentuk bisa diubah bila kita memilih properti Shape dan mengubahnya seuai dengan pilihan kita.
Sedangkan untuk merubah pola yang terdapat didalam kontrol, kita bisa merubah properti FillStyle.
Properti yang umum digunakan sbb :
Ø
PicturBox adalah
kontrol yang digunakan untuk menampilkan image dengan format: BMP, DIB
(bitmap), ICO (icon), CUR (cursor), WMF (metafile), GIF, dan JPEG.
Ø
Label adalah kontrol yang digunakan untuk menampilkan
teks yang tidak dapat diperbaiki oleh pemakai.
Ø
TextBox
adalah kontrol yang mengandung string yang dapat diperbaiki oleh pemakai, dapat
berupa satu baris tungggal, atau banyak baris.
Ø
Frame
adalah kontorl yang digunakan sebagai kontainer bagi kontrol lainnya.
Ø
CommandButton
merupakan kontrol hampir ditemukan pada setiap form, dan digunakan untuk
membangkitkan event proses tertentu ketika pemakai melakukan klik padanya.
Ø
ChekBox di
gunakan untuk pilihan yang isinya bernilai yes/no, true/false.
Ø
OptionButton
sering digunakan lebih dari satu sebagai pilihan terhadap beberapa option yang
hanya dapat di pilih satu.
Ø
ListBox mengandung
sejumlah item, dan user dapat memilih dari satu (bergantung pada property MultiSelect).
Ø
ComboBox merupakan
kombinasi dari TextBox dan suatu ListBox dimana pemasukan data dapat dilakukan
dengan pengetikan maupun pemilihan.
Ø
Timer digunakan
untuk proses background yang di aktivkan berdasarkan interval waktu tertentu. Merupakan kontrol non visual.
Ø
Image berfungsi
menyerupsi image box, tetapi tidak dapat digunakan sebagai kontainer bagi
kontrol lainnya. Sesuatu yang perlu diketahui bahwa kontrol image menggunakan
resource yang lebih kecil dibandingkan dengan PictureBox.
Ø
OLE dapat digunakan sebagai tempat bagi program
eksternal seperti Microsoft Excel, Word, dll.
Ø
HscrollBar
dan VscrollBar digunakan untuk membentuk scrollbar berdiri sendiri.
Ø
Shape dan
Line digunakan untuk menampilkan bentuk seperti garis, persegi, bulatan,
oval.
Ø
Data digunakan
untuk data binding.
PROPERTI
PROPERTI merupakan identitas
dari suatu object dan yang akan mmbedakan antar satu object dengan object
lainnya.
Beberapa property yang sering digunakan,diantaranya:
- Name, untuk memberikan nama suatu object.
- Caption, untuk menampilkan teks yang biasanya digunakan untuk judul dan tidak dapat diubah secara langsung.
- Text, untuk menampilkan teks dan dapat di ubah secara langsung.
- List, untuk menuliskan daftar pilihan pada ComboBox dan ListBox.
- Font, untuk menentukan jenis dan ukuran huruf yang digunakan.
- BackColor, untuk mengatur warna latar belakang.
- ForeColor, untuk mengatur warna teks atau grafik.
- Enabled, pengaturan agar suatu object tidak dapat diakses.
- Visible, untuk menyembunyikan atau menampilkan suatu object.
- Height, untuk mengatur ukuran tinggi suatu object.
- Width, untuk mengatur ukuran lebar suatu object.
- MousePointer, untuk mengubah pointer mouse berubah apabila melewati object tersebut
- StartUpPosition, untuk mengatur posisi form pada saat di jalankan
EVENT
Event merupakan suatu tindakan yang dilakukuan untuk
mengerjakan suatu proses . Seperti suatu proses akan dilakukan apabila
dilakukan apabila dilakukan tekan tombol enter,klik satu kali atau klik dua
kali.
Macam-macam event yang sering digunakan:
Event Untuk Mouse
- Click, tombol kiri mouse ditekan dan proses akan dilakukan pada saat melepas tombol kiri mouse dengan posisi tepat pada object tersebut.
- DbClik, tombol kiri mouse dengan posisi sebanyak 2 kali dengan cepat dan proses akan dilakukan padasaat penekanan yang kedua.
- MouseDown, proses akan dilakukan pada saat menekan tombol kanan/kiri mouse
- MouseUp, tombol kiri/kanan mouse ditekan dan proses akan dilakukan pada saat melepas tombol kiri/kanan mouse dengan posisi tanpa harus pada object tersebut.
- MouseMove, proses akan dilakukan apabila mouse digerakan dan mengenai object tersebut tanpa menekan tombolnya.
Event Untuk Keyboard
- KeyPress, proses akan dilakukan apabila sebuah tombol keyboard ditekan. Untuk menyatakan sebuah tombol keyboardyang di tekan dengan menggunakan kode ASCII.
- KeyDown, proses akan dilakukan apabila sebuah tombol keyboard ditekan.
- KeyUp, proses akan dilakukan apabila dilakukan sebuah tombol keyboard dilepaskan.
Event Untuk Perubahan
- Active, proses akan dilakukan apabila sebuah form menjadi jendela yang aktif.
- Deactive, proses akan dilakukan apabila dilakukan perpindahan dari satu form ke form yang lain.
- GotFocus, proses akan dilakukan apabila object tersebut menjadi focus.
- LostFocus, proses dilakukan apabila objok tersebut kehilangan / sudah tidak menjadi focus dikarenakan focus telah berpindah ke objek lain.
- Load, proses akan dilakukan apabila sebuah form dibuka/dijalankan.
- UnLoad, proses akan dilakukan apabila sebuah form diubah.
- Resize, proses akan dilakukan apabila ukuran form diubah.
- Change, proses akan dilakukan apabila isi / nilai sebuah object diubah
No comments:
Post a Comment