Monday, 7 October 2013

FUNGSI DARI MASING-MASING OBJECT PADA VISUAL BASIC(VB)

Apa yang dimaksud dengan Objek..??
Objek merupakan suatu kombinasi dari kode dan data yang dapat diperlakukan sebagai satu kesatuan. Suatu Objek dapat merupakan bagian dari aplikasi seperti suatu kontrol atau suatu form. Secara keseluruhan dari aplikasi dapat juga berupa suatu objek.
LABEL
Label lebih sering digunakan untuk menampilkan judul, teks, penjelasan disebelah kotak teks, keterangan dsb.
Untuk menggunakan label ini digunakan kontrol Label (), pada umumnya yang harus diset pada kontrol label hanyalah propertinya saja, seperti ukuran, warna, dsb.
Command Button
Objek ini hampir selalu hadir pada setiap aplikasi, fungsi dari kontrol ini biasanya untuk mengeksekusi perintah tertentu. Seperti Tombol OK, Cancel, Exit, Apply, Open dll. Contoh seperti gambar berikut :
1) Event pada Command
Umumnya event yang sering digunakan adalah event click, biasanya event ini digunakan untuk menjalankan atau mengeksekusi suatu perintah tertentu. Seperti membuka jendela baru, keluar dari form, menerima input dari aplikasi dsb.
2) Metode pada Command Button
Metode yang ada pada command antara lain Move, Refresh, SetFocus dan Zorder (fungsi sama dengan di atas).
Option Button
Yaitu suatu kontrol dimana user dapat memilih salah satu dari banyak pilihan. Pilihan ini sifatnya tunggal.
1) Event pada option Button
Umumnya event yang sering digunakan adalah event Click()
2) Membuat kelompok option Button
Umumnya option yang dijadikan berkelopok dengan menggunakan kontrol “frame”, yaitu kontrol pada VB yang berupa bingkai segi empat berfungsi menjadi bingkai atau tempat kontrol-kontrol yang lain.
CheckBox
Sebuah kontrol pemilihan yang berfungsi hampir sama dengan option button. Hanya saja bedanya pada checkbox ini pilihan bisa dipilih lebih dari satu pilihan.
Properti Checkbox
Propertinya hampir sama dengan yang ada pada option button, namau yang terpenting adalah :
Combo Box
Yaitu kontrol yang sama kegunaanya dengan listbox, perbedaanya adalah user dapat mengisikan nilai baru pada kotak kombo tersebut.
Macam-Macam Combo Box
1. Drop-Down : yang ditampilkan satu baris saja. Kotak ini akan terbuka jika user menekan tanda panah pada pojok kanan kotak kombo. Dan user dapat diinput nilai kedalam kotak kombo tersebut.
2. Simpel Combo : kotak ini mirip seperti daftar list box, user hanya bisa mengetik dibagian atas kotak kombo saja.
3. Drop Down List : ditampilkan satu baris saja, sama seperti Drop-Down, namun kotak tidak bisa diinput
List Box (Kotak Daftar)
Pada kotak daftar ini user hanya bisa memilih pilihan dan tidak bisa mengisikan pilihan kedalam kotak daftar.
Macam-macam List Box
1. Standart List Box
2. Check List Box
Properti yang umum dipakai objek List Box
Event yang umum dipakai objek List Box
Event yang sering digunakan oleh objek listbox ini adalah event Click() atau DblClick()
A. Image
Kontrol ini berfungsi menampilkan file gambar pada aplikasi, seperti untuk tujuan hiasan, logo, perlengkapan data dsb.
Menampilkan gambar dengan Image :
1. tambahkan image dari toolbox
2. temtukan gambar yang akan ditampilkan pada kontrol image, dengan mengatur propeti Pinture.
3. Klik tombol elipsis, yang terdapat disebelah kanan properti tersebut.
4. Kotak pada dialog picture yang muncul, carilah file gambar yang terdapat pada komputer. Atau bukalah folder berukut:
C:\Program Files\Microsoft Visual Studio\Commond\Graphics.
Menampilkan gambar dengan Program:
1. tambahkan image dari toolbox
2. Format Programnya sbb:
namaKontrol.Picture = LoadPicture(“namafile”)
B. Picture Box
Kontrol ini tidak jauh berbeda dengan kontrol Image, yang berfungsi untuk menampilkan gambar pada aplikasi. Hanya saja bedanya, lebih banyak properti dan metode yang bisa diterapkan.
Properti yang umum dipakai objek List Box
Line (Garis)
Biasanya digunakan untuk membuata garis, agar tampilan aplikasi lebih menarik, bermacam-macam bentuk garis bisa dibuat begitu juga ketebalan dari garis tersebut.
Properti yang umum digunakan sbb :
Shape (Bangun)
Selain garis, kita juga bisa menambahkan bangunan-bangunan geometris sederhana, seperti kotak, elips dll.
Secara default bentuk ukuran dari kontrol ini adalah segi empat (o-rectangle) bentuk bisa diubah bila kita memilih properti Shape dan mengubahnya seuai dengan pilihan kita.
Sedangkan untuk merubah pola yang terdapat didalam kontrol, kita bisa merubah properti FillStyle.
Properti yang umum digunakan sbb :


Ø  PicturBox adalah kontrol yang digunakan untuk menampilkan image dengan format: BMP, DIB (bitmap), ICO (icon), CUR (cursor), WMF (metafile), GIF, dan JPEG.
Ø   Label adalah kontrol yang digunakan untuk menampilkan teks yang tidak dapat diperbaiki oleh pemakai.
Ø  TextBox adalah kontrol yang mengandung string yang dapat diperbaiki oleh pemakai, dapat berupa satu baris tungggal, atau banyak baris.
Ø  Frame adalah kontorl yang digunakan sebagai kontainer bagi kontrol lainnya.
Ø  CommandButton merupakan kontrol hampir ditemukan pada setiap form, dan digunakan untuk membangkitkan event proses tertentu ketika pemakai melakukan klik padanya.
Ø  ChekBox di gunakan untuk pilihan yang isinya bernilai yes/no, true/false.
Ø  OptionButton sering digunakan lebih dari satu sebagai pilihan terhadap beberapa option yang hanya dapat di pilih satu.
Ø  ListBox mengandung sejumlah item, dan user dapat memilih dari satu (bergantung pada property MultiSelect).
Ø  ComboBox merupakan kombinasi dari TextBox dan suatu ListBox dimana pemasukan data dapat dilakukan dengan pengetikan maupun pemilihan.
Ø  Timer digunakan untuk proses background yang di aktivkan berdasarkan interval waktu tertentu.  Merupakan kontrol non visual.
Ø  Image berfungsi menyerupsi image box, tetapi tidak dapat digunakan sebagai kontainer bagi kontrol lainnya. Sesuatu yang perlu diketahui bahwa kontrol image menggunakan resource yang lebih kecil dibandingkan dengan PictureBox.
Ø  OLE  dapat digunakan sebagai tempat bagi program eksternal seperti Microsoft Excel, Word, dll.
Ø  HscrollBar dan VscrollBar digunakan untuk membentuk scrollbar berdiri sendiri.
Ø  Shape dan Line digunakan untuk menampilkan bentuk seperti garis, persegi, bulatan, oval.
Ø  Data digunakan untuk data binding.

PROPERTI

PROPERTI  merupakan identitas dari suatu object dan yang akan mmbedakan antar satu object dengan object lainnya.
Beberapa property yang sering digunakan,diantaranya:

  • Name, untuk memberikan nama suatu object.
  • Caption, untuk menampilkan teks yang biasanya digunakan untuk judul dan tidak dapat diubah secara langsung.
  • Text, untuk menampilkan teks dan dapat di ubah secara langsung.
  • List, untuk menuliskan daftar pilihan pada ComboBox dan ListBox.
  • Font, untuk menentukan jenis  dan ukuran huruf yang digunakan.
  • BackColor, untuk mengatur warna latar belakang.
  • ForeColor, untuk mengatur warna teks atau grafik.
  • Enabled,  pengaturan agar suatu object tidak dapat diakses.
  • Visible, untuk menyembunyikan atau menampilkan suatu object.
  • Height, untuk mengatur ukuran tinggi suatu object.
  • Width, untuk mengatur ukuran lebar suatu object.
  • MousePointer, untuk mengubah pointer mouse berubah apabila melewati object tersebut
  • StartUpPosition, untuk mengatur posisi form pada saat di jalankan

    


EVENT

Event merupakan suatu tindakan yang dilakukuan untuk mengerjakan suatu proses . Seperti suatu proses akan dilakukan apabila dilakukan apabila dilakukan tekan tombol enter,klik satu kali atau klik dua kali.

Macam-macam event yang sering digunakan:
Event  Untuk Mouse
  •   Click, tombol kiri mouse ditekan dan proses akan dilakukan pada saat melepas tombol kiri mouse dengan posisi tepat pada object tersebut.
  • DbClik, tombol kiri mouse dengan posisi sebanyak 2 kali dengan  cepat  dan proses akan dilakukan padasaat  penekanan yang kedua.
  • MouseDown, proses akan dilakukan pada saat menekan tombol kanan/kiri mouse
  • MouseUp, tombol kiri/kanan mouse ditekan dan proses akan dilakukan pada saat melepas tombol kiri/kanan mouse dengan posisi tanpa harus pada object tersebut.
  • MouseMove, proses akan dilakukan apabila mouse digerakan dan mengenai object tersebut tanpa menekan tombolnya.

Event Untuk Keyboard
  • KeyPress, proses akan dilakukan apabila sebuah tombol keyboard ditekan. Untuk menyatakan sebuah tombol keyboardyang di tekan dengan menggunakan  kode ASCII.
  • KeyDown, proses akan dilakukan apabila sebuah tombol keyboard ditekan.
  • KeyUp, proses akan dilakukan apabila dilakukan sebuah tombol keyboard dilepaskan.

Event Untuk Perubahan
  • Active, proses akan dilakukan apabila sebuah form menjadi jendela yang aktif.
  • Deactive, proses akan dilakukan apabila dilakukan perpindahan dari satu form ke form yang lain.
  • GotFocus, proses akan dilakukan apabila object  tersebut menjadi focus.
  • LostFocus, proses dilakukan apabila objok tersebut kehilangan / sudah tidak menjadi focus dikarenakan focus telah berpindah ke objek lain.
  • Load, proses akan dilakukan apabila sebuah form dibuka/dijalankan.
  • UnLoad, proses akan dilakukan apabila sebuah form diubah.
  • Resize, proses akan dilakukan apabila ukuran form diubah.
  • Change, proses akan dilakukan apabila isi / nilai sebuah object diubah

No comments:

Post a Comment